Cara Merakit Komputer Gaming Sendiri Dengan Budget Mainstream


Salah satu hal yang sering menjadi kesukaan banyak laki-laki adalah bermain game. Memang pada dasarnya laki-laki mempunyai jiwa kompetisi yang tinggi sehingga akan lebih cocok untuk diarahkan untuk bermain berbagai game seperti basket, sepakbola, softball, renang, dan masih banyak jenis game lainnya. Selain permainan nyata dan olahraga yang banyak jenisnya, ada juga permainan yang dilakukan cukup duduk di atas kursi yaitu bermain game yang ada di komputer. Permainan di komputer tersebut mempunyai banyak jenis yang bisa dipilih dari game sport, perkelahian, dan juga masih banyak game lainnya yang bisa dipilih berdasarkan favorit dan seleranya masing-masing. Salah satu jenis alat yang mendukung kegiatan tersebut adalah komputer baik itu komputer gaming atau komputer biasa dengan spesifikasi yang tinggi.

Selain komputer yang dibuat khusus untuk bermain game, ada banyak media lain yang bisa digunakan untuk bermain game dan permainan ini seperti:

  • Handphone pintar yang mempunyai kapasitas tinggi bisa digunakan untuk bermain game yang diinginkan. Tetapi memang ukuran layarnya akan kurang puas tetapi keuntungannya adalah bisa digunakan dimana saja.
  • Konsol game yang ada di pasaran seperti Xbox dan juga playstation berbagai versi sehingga bisa digunakan game di monitor yang lebih besar.
  • Tablet komputer yang bisa dibawa kemana-mana dan juga mempunyai ukuran yang lebih besar daripada handphone.
  • Laptop biasanya walaupun tidak bisa cukup efektif untuk bermain game karena kurang efek dan juga kapasitas sehingga kadang lemot.

Dari semua alat dan media game diatas, memang bermain game yang paling memuaskan adalah dari komputer gaming yang memang khusus bermain game. Komputer khusus gaming tersebut biasanya mempunyai harga yang lebih tinggi karena mempunyai spesifikasi yang lebih tinggi daripada komputer biasanya. Dari kapasitas, penggunaan prosesor, dan juga komponen lainnya biasanya menggunakan komponen yang terbaik. Sehingga bisa nyaman ketika digunakan untuk bermain game di komputer. Untuk harga dari komputer game ini sendiri berkisar antara 7 jutaan rupiah dan untuk mendapatkan kualitas yang lebih bagus lagi dari merek yang bagus biasanya membutuhkan budget diatas 10 juta rupiah.

Tetapi untuk mendapatkan jenis komputer khusus bermain game juga bisa dengan merakit sendiri. Hal tersebut mempunyai kelebihan seperti:

  • Merakit komputer yang akan dibuat bermain game akan lebih murah daripada membeli komputer build up yang sudah jadi.
  • Bisa untuk memilih komponen yang diinginkan dan sesuai dengan budget.
  • Bisa memilih harga yang sesuai dari spesifikasi komputer yang biasa hingga yang high end sehingga harganya mahal.

Untuk merakit komputer khusus untuk bermain game ini, ada beberapa komponen yang harus dipilih dengan cermat seperti:

  • CPU atau memilih prosesor yang tepat untuk bermain game. Bisa memilih berharga murah atau yang berspesifikasi tinggi.
  • Motherboard yang akan dipilih.
  • Pilih VGA yang tepat.
  • Pilih RAM yang tepat.
  • Pilih SSD dan HDD yang tepat.
  • Pilih PSU yang tepat.
  • Pilih casing yang sesuai selera.
  • Pilih heat sink fan yang tepat untuk kipas komputer tersebut.

Komputer rakitan memang akan lebih murah untuk bisa digunakan sebagai komputer gaming. Dimana dengan spesifikasi yang sama akan mempunyai selisih harga yang lumayan untuk jenis komputer build up atau rakitan untuk bermain game. Untuk komputer rakitan dengan spesifikasi tinggi high end saja akan lebih murah dibandingkan dengan build up yang bagus.

SHARE

Sarjana Ngetik

Sarjana Ngetik merupakan sebuah blog berbagi informasi, tips dan trik dan tutorial di dunia internet. Ngakunya sih Sarjana, padahalmah belum sarjana hehehe.